Home » Embedded System

Embedded System

 

Anggota :

  1. Iswahyudi Hidayat, ST, MT
  2. Ir. Sony Sumaryo, MT
  3. M. Ary Murti, ST, MT
  4. M. Ramdhani, ST, MT
  5. Achmad Rizal, ST, MT
  6. Angga Rusdinar ST, MT
  7. Fiky Yosef Suratman, ST, MT

Aktifitas :

Embedded System Research Group adalah salah satu group penelitian yang mendalami bidang desain elektronika sistem embedded. Sistem embedded adalah system elektronika yang didalamnya terdapat mikroprosesor sebagai pengendali kerja system. Desain system embedded menyebabkan dalam system elektronika yang didesain telah terintegrasi perangkat keras dan perangkat lunak.Perangkat keras terkait dengan komponen elektronika dan interkoneksinya dalam rangkaian. Sedangkan perangkat lunak bekerja untuk mengatur kerja bagian-bagian yang terdapat dalam rangkaian dengan komponen mikroprosesor sebagai otak dari sistem.

Target yang ingin dicapai dari pengembangan penelitian pada group ini adalah kemampuan membangun implementasi sistem yang berbasiskan sistem embedded. Sehingga untuk mencapai hal ini strategi penelitian yang dikembangkan mencakup 2 hal, yaitu penelitian untuk memperkuat pemahaman konsep sistem embedded dan penelitian dalam rangka penerapan sistem embedded dalam berbagai area aplikasi nyata.

Beberapa bidang penelitian yang saat ini dikembangkan oleh anggota group adalah :

1.  Instrumentasi biomedik

2.  Perancangan elektronika digital berbasis VHDL.

Perkembangan bidang elektronika digital saat ini berlangsung dengan sangat cepat. Desain rangkaian yang saat ini dikembangkan mengarah pada desain yang berbasiskan SoC (System on Chip). Desain SoC ini menyebabkan orientasi implementasi hasil desain tidak lagi pada circuit board tetapi system yang terintegrasi dalam suatu chip. Akibatnya tool desain yang saat ini dikembangkan dituntut untuk mampu mendesain sesuatu dengan cepat namun secara kompleksitas system yang didesain tergolong tinggi. Untuk itulah saat ini desain system elektronika digital yang berkembang adalah desain berbasiskan bahasa VHDL (Very High Speed IC Hardware Description Language). Dalam desain system elektronika berbasis VHDL, orang yang melakukan desain akan mendeskripsikan arsitektur kerja rangkaian berdasarkan aturan sintaks VHDL. Setelah penulisan program selesai, lalu disimulasikan berupa pemberian test vector sinyal pada arsitektur yang telah didesain. Dan setelah itu dilakukan proses sintesis yaitu proses menerjemahkan hasil pengkodean bahasa VHDL yang dilakukan menjadi level circuit dengan menggunakan tool perangkat lunak sintesis. Hasil sintesis ini selanjutnya akan diuji pada board verifikasi yang dikenal sebagai FPGA (Field Programmable Gate Array). Dan jika pengujian telah dianggap berhasil, barulah dilakukan proses layout (placement and routing) untuk mendapatkan format rangkaian terintegrasi (IC).

Beberapa penelitian yang telah dilakukan adalah :

a.  desain dan implementasi simple processor pada field programable
gate array
b. desain arsitektur viterbi decoding

3.  Sistem mikrokontroller

4.  Robotika dalam konteks perlombaan KRI dan KRCI

5.  Pengolahan sinyal bicara.

 

Bidang-bidang tersebut dalam pelaksanaan penelitiannya diturunkan dalam bentuk penelitian dana internal, penelitian dosen muda, dan tugas akhir/tesis mahasiswa.

Hasil akhir penelitian yang telah dicapai saat ini adalah :

  1. prototype perangkat
  2. arsitektur hasil desain yang telah diuji pada level simulasi dan evaluational board.

Selain itu, hasil-hasil penelitian telah banyak yang dipublikasikan pada media publikasi nasional dan internasional.

 

Penelitian yang saat ini dikembangkan didukung oleh berbagai pihak sebagai sumber penyandang dana, yaitu :

  1. IT Telkom berupa insentif penelitian dana internal institusi
  2. Dikti berupa hibah penelitian dosen muda
  3. Departemen Perindustrian berupa fasilitas UPT TIK
  4. Dan institusi lain yang melakukan kerjasama dalam rangka perancangan perangkat keras elektronika.