Home » Jaringan dan Multimedia

Jaringan dan Multimedia

Jaringan dan Multimedia Merupakan riset grup yang berada di bawah naungan Laboratoria Jaringan dan Multimedia, Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi ITTelkom. Riset grup ini bergerak di bidang riset yang berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi khususnya dalam teknologi jaringan, manajemen jaringan dan content/aplikasi.

A.1 Latar Belakang dan Tujuan 
Di IT Telkom ini kebanyakan laboratorium hanya digunakan untuk praktikum kepentingan kuliah, sedangkan mengenai Riset dan Pengembangan dari segi ilmu pengetahuan tersebut masih belum dilakukan atau kurang semarak karena kesibukannya dalam mengurusi praktikum. Oleh karena itu riset grup menempatkan diri dan berkomitmen untuk melakukan riset dan pengembangan dibidang Teknologi informasi khususnya dalam pengembangan aplikasi/content dan Teknologi penunjangnya.

A.2 Visi & Misi
Visi

Menjadi salah satu center of excelent dalam bidang jaringan komputer untuk mendukung visi riset dan pengembangan Jurusan Teknik Elektro IT Telkom, yaitu bidang wireless communication dan next generation network (NGN).
Misi
– Melakukan riset dan pengembangan berbasis produk pada area jaringan computer berbasis Internet Protocol (IP). Pengembangan riset berbasis produk dilakukan melalui proses analisa bisnis dan riset yang intensif, sehingga diharapkan dapat dihasilkan produk yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
– Melakukan riset dan pengembangan teknologi pada area jaringan komputer berbasis IP yang bersifat jangka menengah dan jangka panjang. Melalui riset dan pengembangan jangka menengah dan jangka panjang diharapkan IT Telkom dapat ikut berperan serta secara aktif dalam kancah pengembangan teknologi informasi dan telekomunikasi di dunia.
– Mengembangkan pengetahuan dan budaya riset mahasiswa IT Telkom pada bidang jaringan komputer.

A.3 SDM
Personil yang mengikuti riset grup ini adalah dosen-dosen Laboratoria Jaringan dan Multimedia, Fakultas Teknologi Informasi dengan dibantu oleh mahasiswa yang tergabung dalam beberapa sub riset.

A.4 Peralatan
Untuk menunjang kegiatan riset dan study group, di riset grup terdapat beberapa peralatan yang disediakan oleh Fakultas Teknik Elektro. Berikut ini daftar beberapa peralatan yang disediakan Fakultas Teknik Elektro yang masih bisa dioperasikan.
– Server HP Proliant
– Switch
– Dialogic Card
– Komputer PC
– Sentral IP PBX
– Sentral STDIK

A.5 Bidang Riset
Riset grup terdiri dari terdiri atas 4 divisi, yaitu :
a. Network Security and Administration (NSA)
Area : Network Access Management, Performance Management, User Management, Fault Management, Devices Management, pengembangan sistem keamanan jaringan komputer yang meliputi studi arsitektur jaringan komputer yang aman, sistem pendeteksi penyusupan, firewall dsb.
Sasaran : Membuat aplikasi manajemen jaringan untuk mempermudah administrator jaringan dalam mengelola jaringan, membuat sistem keamanan yang efektif untuk menanggulangi ancaman keamanan seperti hacker, virus, worm dsb. Pengetahuan yang komprehensif mengenai sistem keamanan jaringan.
b. Operating System Development (OSD)
Area : pengembangan sistem operasi linux melalui metode linux from scratch (LFS)
Sasaran : Membuat distro linux yang efisien untuk keperluan yang spesifik sesuai kebutuhan penggunanya.
c. Next Generation Network
Area : pengembangan teknologi dan manajemen jaringan serta perangkat pendukungnya.
Sasaran: menyusun sebuah sistem telekomunikasi yang lebih baik dalam sisi QoS layanan, performansi perangkat, efisiensi biaya, dan kemudahan operasional.
d. Web Programming and Multimedia (WPM)
Area : Aplikasi interaktif/sistem informasi berbasis web, sistem pengiriman content multimedia melalui jaringan IP
Sasaran : Membuat sistem informasi berbasis web yang handal dan efisien sesuai kebutuhan dengan sistem manajemen yang sederhana dan efektif, Membuat sistem yang mampu mengirimkan content multimedia secara efektif dan efisien dengan penggunaan media coding dan protokol yang tepat sesuai dengan penggunaan aplikasinya.

A.6 Hasil Riset
a. Network Security and Administration (NSA)
– Progressive Net Filter
b. Operating System Development (OSD)
– Distro Lontong Linux
c. Next Generation Network
– Implementasi Asterisk dengan Open IMS yang di interkoneksikan dengan ENUM server.
– Analisa layanan Iptv dengan OpenIMSCore,IMS Interoperability,Perancangan dan Implementasi IMS Server dengan Asterisk Server
– Perencanaan EnumANNING AND IMPLEMENTATION OF ENUM
– Pembangunan VoIP Pada jaringan Existing IT TELKOM dengan memberdayakan IP-PBX IT TELKOM dan Asterisk Server.
– Implementasi Layanan Triple Play Pada jaringan berbasis IP dengan mengintegrasikan OPENFIRE dan TRIXBOX
– Analisa dan Implementasi VoIP dengan E-mail
– VoIP dengan server Asterisk dengan IPv6
– Interoperabilitas IMS server OpenIMSCore dengan SIP server pada Jaringan Enterprise
d. Web Programming and Multimedia (WPM)
– Sistem Informasi Kemahasiswaan Berbasis WAP
– Sistem Informasi Kepolisian
– Portal Students ITTelkom