Home » Program Studi

Program Studi

A.       Jati Diri Program

Program Pascasarjana Teknik Elektro – Telekomunikasi IT Telkom didirikan dan dikukuhkan dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas No 429/DIKTI/Kep/1999, serta SK Dirjen DIKTI No. 586/D/T/2006 dan sudah terakreditasi BAN PT No 017/BAN-PT/Ak-VI/S2/XI/2008 dan telah terakreditasi oleh BAN-PT berdasarkan SK No. 002/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012 dengan predikat B. Kurikulum Program Studi Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi IT Telkom semula memberikan beban studi kepada mahasiswa minimal 40 sks, dan pada perkembangan kurikulum selanjutnya tahun 2004 dan tahun 2008 mahasiswa diberi beban studi minimal 36 sks dengan penekanan pada bidang Teknik Elektro-Telekomunikasi dengan peminatan  Wireless Communications dan Network Engineering.

B.       Visi Program Studi

 

C.        Misi Program Studi

 

D.       Sasaran Program Studi

Program Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi diarahkan pada penyelenggaraan program pendidikan yang memberikan kepada mahasiswa:

  1. Kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik telekomunikasi, dengan cara menguasai dan memahami, pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya; (depth)
  2. Kemampuan memecahkan permasalahan di bidang teknik telekomunikasi melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah; (breadth)
  3. Kemampuan mengembangkan kinerja professional di bidang teknik telekomunikasi yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacakupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau  profesi yang serupa, serta kesantunan berprofesi; (professionalism)
  4. Lingkungan belajar yang secara terprogram dapat meningkatkan kemandirian dalam mencapai tujuan-tujuan belajarnya maupun kehidupan bersama di masyarakat. (learning environment)

 

E.        Tujuan Program Studi

Program Studi Teknik Elektro-Telekomunikasi di IT Telkom ditujukan agar menghasilkan lulusan yang mempunyai:

  1. Kompetensi utama dalam bidang Wireless Communications dan Network Engineering.
  2. Kompetensi pendukung dalam bidang bisnis telekomunikasi dan kewirausahaan.
  3. Kompetensi dalam sikap dan etika profesional yang berkepribadian dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

 

F.        Jenis Program

Jenis program yang ada di Program Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi ada 2 (dua), yaitu:

1.            Program Reguler (40 SKS, 4 Semester)

Program Magister Teknik Elektro-Telekomunikasi yang dilakukan melalui tata muka secara langsung pada seluruh mata kuliah. Program Reguler akan dilakukan setiap hari kerja (Senin s.d Jumat) di Kampus IT Telkom.

2.            Program Perkuliahan Jarak Jauh (40 SKS, 4 Semester)

Program Perkuliahan Jarak Jauh terdiri dari 3 model antara lain :
a.) Pembelajaran Tatap Muka Real (synchronous)
Model Pembelajaran tatap muka secara langsung diselenggarakan pada minggu pertama perkuliahan mulai hari Senin s/d Sabtu (pada semester pertama) di Kampus Fakultas Teknik Universitas Telkom Gedung G.

b.) Pembelajaran Tatap Muka Virtual (synchronous)
Model pembelajaran teleconference adalah pembelajaran atau perkuliahan seluruh mahasiswa yang dilaksanakan pada lokasi yang berbeda pada saat yang bersamaan dengan menggunakan teknologi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

c.) Pembelajaran Secara Online (asynchronous)
Model pembelajaran asynchronous adalah model pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi E-learning berbasis web yang dapat di akses setiap saat.
Persentase perkuliahan antara model synchronous dan asynchronous adalah 50:50.

         G.      Prospek Kerja Lulusan

  1. Dosen
  2. Peneliti
  3. Staf Ahli
  4. Senior Manager di Industri