Capaian pembelajaran di Program Studi S2 Teknik Elektro terbagi menjadi:
- Capaian pembelajaran umum, yaitu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi S2 Teknik Elektro, tidak tergantung peminatan. Capaian pembelajaran ini mencakup unsur sikap, pengetahuan, dan keterampilan
- Capaian pembelajaran peminatan, yaitu keterampilan khusus sebagai komplemen terhadap kompetensi umum yang harus dimiliki oleh lulusan Program Studi S2 Teknik Elektro untuk peminatan
Capaian pembelajaran untuk unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus pada Prodi S2 Teknik Elektro dapat dilihat pada Tabel 2 berikut.
Tabel 2 Capaian pembelajaran Program Studi S2 Teknik Elektro
Sikap (semua peminatan) | |
1 | Mengamalkan kode etik profesi |
2 | Mampu belajar dan bekerja secara mandiri maupun secara tim, baik sebagai anggota maupun
pemimpin. |
Pengetahuan (semua peminatan) | |
3 | Menguasai konsep matematika sesuai dengan bidang kompetensi peminatan |
4 | Mempunyai pengetahuan dalam isu-isu terkini dalam bidang Teknik Elektro |
5 | Mempunyai wawasan dalam bisnis dan kewirausahaan |
Keterampilan Umum (semua peminatan) | |
6 | Mampu menganalisis dan memberikan solusi optimal untuk permasalahan pada bidang
Teknik Elektro terkini melalui pendekatan inter atau multidisipliner |
7 | Mampu membuat, mengkomunikasikan dan menyebarluaskan karya ilmiah yang berkualitas dan berstandar internasional, menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara lisan
dan tulisan. |
8 | Mampu mengelola penelitian sesuai dengan bidang kompetensi |
Keterampilan Khusus (Peminatan Intelligent Wireless Communications) | |
9 | Mampu mengembangkan teknologi komunikasi nirkabel cerdas dengan memanfaatkan
teknologi eksisting, teknologi baru, dan kebutuhan industri telekomunikasi |
10 | Mampu mengantisipasi arah perkembangan teknologi komunikasi nirkabel cerdas terutama terkait dengan isu-isu terkini seperti teknologi 5G and beyond, massive connections, low
latency communications, dan broadband communications |
Keterampilan Khusus (Peminatan Network Engineering & Cyber Security) | |
9 | Mampu mengembangkan teknologi jaringan telekomunikasi dan keamanan siber dengan
memanfaatkan teknologi baru dan sesuai dengan kebutuhan industri telekomunikasi |
10 | Mampu mengantisipasi arah perkembangan teknologi jaringan telekomunikasi terutama terkait dengan isu-isu terkini seperti teknologi 5G, Sofware Defined Network, Internet of
Things (IoT), dan Cyber Security. |
Keterampilan Khusus (Peminatan Control & Intelligent Systems) | |
9 | Mampu merancang, menerapkan, dan mengembangkan teknologi kendali dan sistem cerdas
dengan mempertimbangkan aspek teknologi dan bisnis. |
10 | Mampu mengantisipasi arah perkembangan teknologi kendali dan sistem cerdas terutama terkait dengan isu-isu terkini seperti Artificial Intelligence (AI) dan Autonomous System
(system otonom) |
Keterampilan Khusus (Peminatan Regulasi dan Manajemen Telekomunikasi) | |
9 | Mampu melakukan analisis teknik untuk implementasi teknologi telekomunikasi dan
informasi digital pada berbagai kondisi dan batasan. |
10 | Mampu memberikan rekomendasi implementasi suatu teknologi telekomunikasi dalam bentuk roadmap implementasi, rekomendasi teknis, regulasi, hingga rekomendasi keputusan manajemen dengan menggunakan perangkat analisis rekayasa, hukum, dan
manajemen yang tersedia |
11 | Mampu memimpin proyek telekomunikasi dan informasi digital dengan mempertimbangkan
aspek teknik, regulasi, dan bisnis |
Capaian pembelajaran Prodi S2 Teknik Elektro, beserta pemetaannya terhadap Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bisa dilihat pada Tabel 3 berikut.
Tabel 3 Capaian pembelajaran dan pemetaannya terhadap SNPT dan KKNI
Unsur |
No. CP |
Sikap (SNPT) |
Keterampilan Umum (SNPT) |
Keterampilan Khusus dan Pengetahuan
(KKNI) |
||||||||||||||||||
a | b | c | d | e | f | g | h | i | j | a | b | c | d | e | f | g | h | a | b | c | ||
Sikap | CP1 | |||||||||||||||||||||
CP2 | ||||||||||||||||||||||
Pengetahuan |
CP3 | |||||||||||||||||||||
CP4 | ||||||||||||||||||||||
CP5 | ||||||||||||||||||||||
Keterampilan Umum | CP6 | |||||||||||||||||||||
CP7 | ||||||||||||||||||||||
CP8 | ||||||||||||||||||||||
Keterampilan Khusus | CP9 | |||||||||||||||||||||
CP10 | ||||||||||||||||||||||
CP11 |
SNPT (Sikap):
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
SNPT (Keterampilan Umum):
- mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
- mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
- mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
- mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
- mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
- mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
- mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
- mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
KKNI (Keterampilan Khusus dan Pengetahuan):
- Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan
- Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.